Selasa, 24 September 2013

Danau Lihaga Di Kota Manado

equity word Futures, equityword Futures, equitywordFutures, pt. equity word Futures, pt equityword Futures, pt equitywordFutures, ewf news.

1334971698649717078

Duduk Menikmati Esoktiknya Pasir Putih
Deru mesin diesel minibus warna Silver, berkapasitas 12 orang, berubah menjadi musik sepanjang perjalanan wisata kami ke Pulau Lihaga. Kami berangkat dari Moyaporong, salah satu spot wisata religi bagian dari Bukit Doa di Tomohon sekitar pukul 9 pagi sehabis sarapan.
Melihat birunya langit, saya dan rombongan yang berjumlah 10 orang tak langsung mengarah ke pulau tapi menuju ke Selatan untuk singgah ke Danau Linow, Lahendong. Tak kurang dari 20 menit menikmati danau vulkanik biru bergradasi hijau putih, kami kemudian bergerak ke pulau Lihaga.
Ke pelabuhan Serei di Kecamatan Likupang, Minahasa Utara itulah rute yang akan kami tempuh. dan dalam waktu dua jam lebih beberapa menit kami tiba di tujuan. Lamanya perjalanan tak membuat kami bosan karena sepanjang perjalanan kami ngobrol.
“Pak Bambang dan Bu Ira, sudah beberapa kali ke Manado?” tanya Jeff teman saya. “Kalau saya baru pertama kali datang ke Manado. Beda dengan bu Ira. Seringkali.” Jawab Pak Bambang dan sementara saya lihat wajah Ibu Ira tersenyum sambil mengiyakan ucapan Pak Bambang.
“Pulau Lihaga itu persisnya ada di mana sih?” ganti Pak Bambang bertanya kepada kami. “Lihaga, kalau dalam peta, berada di ujung atas pulau Sulawesi yang berbentuk huruf K. Kalau disambung bisa sampai ke General Santos, Davao, Philipina. Dan sederet dengan Pulau Sangir Talaud, Talise, Bangka. Gangga, pulau terdekat dengan Lihaga.” Jawab saya ikut menjelaskan.
Ke Lihaga bisa lewat laut. Tak jarang wisatawan datang dari Bunaken dengan kapal bermesin besar agar jarak tempuhnya bisa lebih singkat. Satu jam kira-kira perjalanan dari Bunaken ke Lihaga.
1334971799252998565
Dermaga Serei, Pelabuhan Nelayan
Dipertigaan Sukur, kami belok kekiri. Dari sini, terus saja tanpa belok ke arah TPI, pelabuhan Likupang. Setelah itu, terus menuju ke Serei. Jalan aspal menuju ke Serei sudah mengelupas sehingga laju minibus diperlambat agar tak terlalu keras goncangannya. Setibanya di pelabuhan, kapal perahu nelayan yang telah dipesan oleh Jeff teman saya sudah menunggu kedatangan kami.
Tak lama setelah barang bawaan kami seperti nasi kuning, air mineral, kukis, dan tas-tas masuk dalam kabin, deru suara mesin kapal terdengar. Kami bawa bekal karena di pulau tidak ada orang jual. Pelan namun pasti kapal dengan dua mesin dan berkapasitas penumpang hingga 25 orang, serta beratap bergerak tinggalkan dermaga.
Indahnya pemandangan laut menggerakkan tangan saya untuk menghidupkan kamera. Agar dapat obyek foto terbaik, saya duduk di atap kapal. Dari atap samar-sama Lihaga sudah terlihat. Teriknya  matahari terasa membakar kulit, tetapi tak menyurutkan niat saya untuk ambil foto. Tiga teman saya ikut pula naik ke atap.
“Pak Rory, berapa sewa kapal ke Lihaga?” tanya saya seusai foto-foto. “Enam ratusan ribu. Tergantung juga permintaan. Kalau ada order keliling pulau, ya nanti nego, karena banyak habiskan minyak. Nambah ongkos lagi” Jawab pak Rory, salah satu awak kapal. Dari percakapan, ternyata pak Rory sudah biasa dipesan wisatawan yang akan datang ke pulau Lihaga. Hari libur, Jumat dan Sabtu paling banyak rombongan datang wisata ke pulau yang luasnya 8 ha.
1334971914972158238
Interior Kapal Cukup Lega
Sekitar lima belas menit kami sudah mendekati pulau. Sebelum berlabuh, kami keliling pulau itu melihat keindahan bibir pantainya yang sebagian berupa batu karang. Tak kurang dari 7 menit, kami sudah keliling pulau. “Batu karang itu untuk menahan ombak tinggi dari arah Timur karena memang langsung berhadapan dengan perairan lepas Laut Sulawesi” jelas pak Rory sambil menujuk pantai berkarang.
Akhirnya kami berlabuh sebelah Barat pulau Lihaga. Begitu turun dari kapal, hamparan pasir putih lembut seperti “powder” sambut kedatangan kami. Airnya yang jernih langsung menggoda niat kami untuk langsung berenang atau snorkeling.
Setelah menurunkan barang bawaan dan meletakkan di meja kayu tak jauh dari bibir pantai, saya pun melanjutkan hunting foto lanskap alam sekitar pulau. Terpesona indahnya, tak terasa saya sudah  habiskan banyak frame foto.
Saya lihat teman-teman saya berkejar-kejaran di pinggir pantai sambil berusaha saling membasahi dan mendorong hingga jatuh bergelimpangan antara pasir putih dan air laut. Sementara yang lain pun tampak berenang di tempat yang tidak dalam. Yang bawa peralatan snorkeling langsung berburu pemandangan di dasar laut. Yang lain duduk di kursi bambu menikmati alam dan ada yang jalan-jalan sepanjang pantai sambil berfoto pakai hapenya. Udara panas tak begitu dihiraukan begitu menyentuh air laut dan pasir putih pantai.
1334972326386956495
Makan Bersama, Nasi Kuning dan Kukis
Aktifitas itu terhenti sejenak untuk makan siang bersama. Nasi kuning dan kue akhirnya mengganjal perut lapar saya. Hanya enak dan lahap, yang saya rasakan. Setelah makan, ada yang masih melanjutkan berenang sambil bersendau gurau.
Di pulau itu sudah tersedia toilet dan ruang ganti. Satu rumah kayu ukuran kecil juga ada. Katanya kadang ada wisatawan yang menginap. Keterbatasan air bilas, membuat kesulitan bagi yang mandi setelah berenang. Tapi bagi teman-teman saya bukan halangan karena sesampai di rumah ia akan langsung mandi. Selain itu, di pulau kini ada penjaganya. Membersihkan pulau dari sampah dan membantu kebutuhan para pengunjung, menjadi jasa mereka. Untuk jasanya ini kami memberi uang tinggalan secukupnya.
Sekitar jam tiga sore lebih saat teriknya panas matahari tak terlalu terasa lagi, kami memutuskan untuk pulang supaya sampai di Tomohon tidak terlalu malam. Dalam perjalanan pulang, keindahan pulau Lihaga menjadi sentral percakapan kami.
13349724051155914088
Pasir Putih Pulau Lihaga Jadi Daya Tarik Wisata
“Jika dikelola dengan baik dan ditambah dengan fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan perlengkapan wisata bahari seperti jet sky, diving, dan snorkeling. Pasti banyak yang suka datang.” Kata pak Bambang, konsultan pariwisata dan hotel dari Surabaya. Pulau itu alami dan belum dikelola dengan baik. Meski demikian sudah banyak yang datang ke pulau itu untuk berbagai kegiatan seperti outing, family gathering, hunting foto dan lainnya.