Selasa, 24 September 2013

Pulau - Pulau di Kota Manado

equity word Futures, equityword Futures, equitywordFutures, pt. equity word Futures, pt equityword Futures, pt equitywordFutures, ewf news.

1. Bunaken Island


Bunaken merupakan salah satu Taman Laut Nasional yang terkenal di Manado tepatnya di Manado Tua. Dari Manado menuju ke Bunaken akan kita tempuh dalam waktu 30-40 menit. Bunaken menawarkan berbagai macam keindahan spesies laut mulai dari terumbu karang dan ikan-ikan di laut. 


Untuk mengunjungi Taman Laut ini dari Manado ada dua pilihan tempat persewaan kapal, yaitu "Pasar Bersehati" dan "Marina". Agar lebih hemat, kita bisa bergabung dengan wisatawan-wisatawan lain yang juga ingin menikmati keindahan laut. Tarif yang ditawarkan per orangnya Rp 50 ribu dengan menggunakan kapal tradisional, namun terlebih dahulu kita harus menunggu seluruh tempat duduk terisi penuh, baru kapal akan berangkat. Bagi yang tidak suka keramaian, tersedia persewaan kapal pribadi dari Pasar Bersehati Manado ke Bunaken dengan tarif antara Rp 300 ribu - Rp 400 ribu. Sedangkan jika dari Marina tarif yang berlaku lebih mahal yakni sekitar Rp 600 ribu - Rp 800 ribu. Harga sewa ini sudah termasuk perjalanan pulang pergi Manado-Bunaken. 


Untuk bisa menikmati keindahan laut Bunaken ini, kita harus melalui dua kali perjalanan, pertama kita akan dibawa dengan kapal boat menuju ke tengah laut, kemudian kita akan transit ke kapal kaca yang sudah menunggu. Melalui kapal kaca inilah kita bisa melihat keindahan panorama alam laut Bunaken di dasar laut.


Jika kita ingin melihat keindahan wisata alam laut Bunaken yang lebih jelas, kita bisa menggunakan kapal selam Blue Banter. Namun kapal selam tersebut hanya akan beroperasi pada saat air laut pasang. Pemandangan yang dapat kita lihat dari kapal selam ini tentunya menakjubkan, karena kita akan langsung berada di bawah permukaan air. Selain kapal selam dan kapal kaca, kita pun bisa menikmati keindahan taman laut ini dengan snorkling atau pun diving


Jika kita ingin menghabiskan malam di Bunaken maka kita tinggal memilih resort mana yang akan kita tempati. Ketika sampai di Bunaken kita akan disambut oleh para pedagang asesoris Bunaken dan tempat-tempat makan yang ada di sana. 

2. Siladen Island

Di Taman Laut di Pulau ini, kita akan menemukan karang yang warna-warni dan beragam ikan yang hilir mudik ditambah dengan gua yang indah. Pulau ini terletak di kecamatan Bunaken, sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado yang bisa dicapai dengan kapal motor sekitar 45 menit.



Pulau ini dikelilingi pasir pantai yang berwarna putih yang lembut hingga banyak aktifitas menyenangkan yang bisa kita lakukan, seperti bermain voli pantai, berjemur dibawah sinar matahari, membuat istana pasir, atau sekedar jalan menyusuri bibir pantai sembari menikmati keindahan pesona alam yang ada di Pulau dekat Pulau Manado Tua ini. Selain itu, kita pun bisa menikmati keindahan pulau ini dengan berenang. 



Ada dua alternatif untuk bisa pergi ke Pulau Siladen.  Pertama, kita bisa menggunakan perahu transportasi umum. Perahu ini yang hanya ada satu kali sehari dan dari Manado berangkat sekitar antara jam 13.00 s/d 15.00 (tergantung pasang-surut air). Jadi kalau ingin ke pulau Siladen dengan menggunakan perahu transportasi umum, kita harus siap-siap menginap di pulau Siladen, karena perahu ini baru akan kembali ke Manado keesokan harinya sekitar jam 07.00 pagi. Perahu transportasi umum ini dekenakan biaya  kisaran Rp 25,000 – 50,000 per orang.  Kedua, dengan menggunakan perahu speed boat yang dapat di charter . Dengan cara ini kita dapat berangkat ke pulau Siladen kapan saja dan jam berapa saja, lalu bisa langsung kembali sore hari itu juga, atau juga bisa dilanjutkan dengan menginap di Pulau Siladen. Untuk ongkos perjalanan menggunakan speed boat ini kita diharuskan membayar biaya charter perahu one way dari Manado ke pulau Siladen dengan harga sampai Rp 250,000 – Rp 300,000 (per speed boat). Kalau untuk sewa satu hari pulang pergi di hari yang sama, kita harus merogoh kocek sebesar Rp 600,000.

3. Gangga Island


Taman laut ini mempunyai jarak kurang lebih 6.1 kilometer dari Kota Kepulauan Minahasa Utara Sulawesi Utara.
Pulau yang memiliki hamparan pasir putih ini menyimpan beribu pesona taman laut dengan karang-karang yang berwarna-warni dan ratusan jenis ikan hias yang beraneka ragam. Taman Laut Pulau Gangga merupakan salah satu lokasi wisata yang dapat dijadikan primadona pariwisata di Kabupaten Minahasa.


Taman Laut Pulau Gangga ini adalah tempat yang sangat recommended bagi penyelam, yang kita ketahui mungkin hanya nama nama seperti Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken, Pulau Derawan yang merupakan tempat-tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan untuk diving ataupun snorkling, dan Taman Laut Pulau Gangga ini juga merupakan salah satu tempat diving maupun snorkling terbaik di Indonesia. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan diantaranya memancing, menyelam, snorkling, berenang, rekreasi pantai dan penelitian biota laut. Terdapat juga resort dan restoran yang representatif di Pulau Gangga.


Untuk mencapai tempat ini, kita dapat mengunakan mobil ke arah utara kota Manado untuk menuju Desa Likupang selama 1 jam, kemudian di lanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju Pulau Gangga sekitar 30 menit. Fasilitas internasional di pulau ini di kelola oleh pemerintah dan investor asing, sehingga layak untuk di kunjungi.

4. Lihaga Island


Pulau Lihaga adalah pulau kecil yang terletak hampir berseberangan dengan Pulau Bunaken. Untuk mengelilingi seluruh pulau ini, kita hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam. Perjalanan menuju Pulau Lihaga bisa ditempuh sekitar 45 menit dengan kapal motor dari Likupang. Likupang merupakan pulau yang masih masuk dalam Kabupaten Minahasa Utara, yang berjarak sekitar 70 km timur laut Kota Manado. Pulau Lihaga dikelilingi pasir putih dan pemandangan alam luar biasa indah. Airnya sangat jernih sehingga kita bisa melihat dengan jelas ikan-ikan yang berenang tanpa harus menyelam. Keindahan pulau ini semakin bertambah saat senja menjelang. Pemandangan saat matahari terbenam terlihat sangat indah dari Pulau Lihaga. Oleh karena itu, banyak fotografer yang suka pergi ke Lihaga sekadar mengambil gambar pemandangan maupun untuk pemotretan outdoor.
sumber,    http://visitmymanado.blogspot.com/p/beautiful-islands-in-manado.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar