Minggu, 02 April 2017

Selain Kolam Susu, Ada Apa Saja di Atambua?

Selain Kolam Susu, Ada Apa Saja di Atambua?

Equityworld Futures - Tapal Batas
Selain Kolam Susu, Ada Apa Saja di Atambua?

Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, adalah wilayah terdepan Indonesia yang berhadapan dengan negara tetangga, Timor Leste. Ada apa di Atambua dan sekitarnya?

Untuk fasilitas transportasi, Atambua punya Bandara AA Bere Talo alias Bandara Haliwen. Bandara ini melayani penerbangan domestik menghubungkan Kupang-Atambua atau Timor Leste-Atambua. Sarana transportasi di dalam kota ini meliputi ojek, mikrolet, bus angkutan kota, dan DAMRI untuk kebutuhan khusus. 

Bus antarprovinsi juga bisa mengantar masyarakat ke luar Belu. Ada dua pelabuhan di Atambua, yakni Pelabuhan Atapupu dan Pelabuhan Tegur (Teluk Gurita).

Tempat wisata banyak terdapat di Atambua atau wilayah Kabupaten Belu lainnya. Ada pacuan kuda di Desa Tniumanu, Kolam yang menginspirasi lagu Kolam Susu Koes Plus, Teluk Gurita, Puncak Bukit Makes, dan Bukit Batu Maudemu peninggalan bersejarah bangsa Melus.

Untuk kolam Susu, sebenarnya kolam itu, bernama Kolam Susuk yang artinya sarang nyamuk. Meskipun demikian, kolam yang kaya ikan bandeng itu memiliki pesona yang luar biasa.

Pemandangan alami tambak ikan bandeng dan terdapat pondok kecil tempat beristirahat. Disini dapat membeli ikan bandeng bakar/panggang.

Ada pula Fulan Fehan, yakni lembah di kaki Gunung Lakaan dengan sabana yang sangat luas. Lembah ini berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jaraknya sekitar sejam dari Atambua, dilanjut dengan jalanan terjal berbatu. Bentang alamnya mempesona, secara visual bakal cocok untuk disajikan lewat Instagram atau Vlog. Banyak terdapat kuda yang bebas berkeliaran.

Tak jauh dari lembah ini ada beberapa obyek bersejarah lainnya yang menjadi satu kesatuan paket yang mendukung pesona dan daya tarik obyek wisata ini, seperti Benteng Ranu Hitu atau Benteng Lapis Tujuh di puncak Bukit Makes, Di sudut lainnya berdiri Gunung Gunung Lakaan yang menjulang tinggi, Bukit Batu Maudemu di Desa Maudemu, dan air terjun Mauhalek.




Equityworld Futures

Tidak ada komentar:

Posting Komentar