Minggu, 15 September 2019

Cara Universitas Kristen Maranatha Siapkan Lulusan Hadapi Era 4.0

Equityworld Futures -
Era industri 4.0 bagi perguruan tinggi di Indonesia mendatangkan tantangan yang begitu besar. Tak terkecuali bagi Universitas Kristen (UK) Maranatha. Menurut Guru Besar Fakultas Teknik UK Maranatha, Budi Hartanto Susilo, perguruan tinggi di Indonesia harus bertransformasi guna menjawab peluang dan tantangan di era industri 4.0.
"Peluang bagi perguruan tinggi di Indonesia bisadirebut, apabila ia bertransformasi menjadi bagian dari industri 4.0 yang juga menerapkan prinsip kewirausahaan (entrepreneurial) abad XXI," ucap Budi.
Hal tersebut disampaikan Budi saat membawakan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-54 UK Maranatha di Bandung, pada Rabu (11/9/2019). Budi berorasi dengan tema 'Intrapreneur Berdasarkan Nilai Spiritual dalam Era Industri 4.0: Peluang dan Tantangan bagi Perguruan Tinggi di Indonesia'.

Untuk menjawab tantangan tersebut, UK Maranatha membangun konsep pendidikan 'edukasi XXI'. Konsep ini bisa memberikan pengalaman pembelajaran untuk menyiapkan lulusan yang akan menjalani kisah hidup yang istimewa.
"Melalui pengalaman pembelajaran edukasi XXI, lulusan akan memiliki keterampilan hidup (life skill), kecakapan kerja, kekuatan karakter, serta kekayaan nilai hidup. Sosok intrapreneur ini memiliki dasar spiritualitas yang kuat sehingga siap memasuki industri 4.0," ujar Budi.
Cara Universitas Kristen Maranatha Siapkan Lulusan Hadapi Era 4.0Suasana Sidang Terbuka Senat Dies Natalis ke-54 UK Maranatha (Foto: Dok UK Maranatha)
Rektor UK Maranatha Armein ZR Langi, mengatakan momentum Dies Natalis ke-54 menjadi peringatan atas kiprah dan perjalanan UK Maranatha dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia.
"Saat ini semua program studi di Maranatha telah terakreditasi A dan B. Tahun ini Maranatha juga membuka dua program studi baru, yaitu Program Sarjana Arsitektur dan Program Magister Ilmu Komputer," ucap Armein.

Sementara itu, Wakil Rektor I UK Maranatha, Olga Catherina Pattipawaej. menambahkan Fakultas Kedokteran (FK) UK Maranatha yang merupakan fakultas pertama yang didirikan sejak 1965 kini terakreditasi A.

"Kami bersyukur bahwa pada tahun ini Program Sarjana Kedokteran dan Program Profesi Dokter meraih peringkat akreditasi A atau sangat baik berdasarkan surat keputusan LAM-PTKes tertanggal 24 Agustus 2019," Jelasnya.
Cara Universitas Kristen Maranatha Siapkan Lulusan Hadapi Era 4.0Suasana upacara pelantikan mahasiswa baru 2019/2020 di kampus UK Maranatha (Foto: Dok UK Maranatha)
Adapun menurut Dekan Fakultas Kedokteran UK Maranatha, Lusiana Darsono, pendidikan kedokteran di Indonesia perlu meningkatkan kualitas agar setaraf internasional. Termasuk bagi UK Maranatha, tak hanya berpuas diri dalam meraih akreditasi A tetapi juga harus mencapai taraf internasional.
"Melihat pendidikan kedokteran di Indonesia saat ini kondisinya masih belum begitu baik. Kualitas fakultas kedokteran masih berbeda-beda, tidak sama di seluruh Indonesia. Sementara di luar negeri mengacu jelas pada World Federation for Medical Education. Ini harus menjadi perhatian kita," jelasnya.
Menurut Lusiana, selama 54 tahun ini, UK Maranatha telah menghasilkan lebih dari tiga ribu dokter berkualitas yang berpraktik di seluruh pelosok Nusantara bahkan di negara lain. Banyak juga dokter lulusan UK Maranatha yang kini menjadi pimpinan rumah sakit, klinik, puskesmas, dan institusi pendidikan kedokteran.
Cara Universitas Kristen Maranatha Siapkan Lulusan Hadapi Era 4.0Gambar rendering kampus baru UK Maranatha di Kota Baru Parahyangan yang direncanakan beroperasi pada tahun 2020 (Foto: Dok UK Maranatha)
Sementara menurut Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran UK Maranatha, Dedeh Supantini, suasana akademik yang kondusif berpengaruh terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan UK Maranatha. Misalnya saat Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).
"Hal itu didukung adanya suasana akademik yang kondusif sehingga sebagian besar mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Angka kelulusan mahasiswa FK Maranatha dalam Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) rata-rata di atas 87% bahkan untuk ujian skills yang disebut OSCE angka kelulusannya lebih dari 90%," paparnya.

Sebagai informasi, UK Maranatha mulai bulan September ini telah membuka kesempatan bagi seluruh generasi muda untuk bergabung menjadi mahasiswa yang siap memiliki pengalaman belajar istimewa dengan konsep edukasi XXI.

Kesempatan ini terbuka bagi seluruh generasi muda Indonesia, dari mana pun asalnya, silakan menimba ilmu dan mengembangkan diri di UK Maranatha. Manfaatkan pula program-program beasiswa yang ada. Untuk pendaftaran tahun akademik 2020/2021, masih tersedia program beasiswa hingga 35% dan bahkan hingga 100%. Selengkapnya cek
Equityworld Futures 
Equityworld Futures

Tidak ada komentar:

Posting Komentar