Kamis, 07 April 2016

Ciptakan Sumber Pendapatan Baru Dengan 8 Strategi Ini


Ciptakan Sumber Pendapatan Baru Dengan 8 Strategi Ini 

Jakarta -Setiap orang memiliki tiga peluang di dalam hidup yang bisa menunjukkan jati diri mereka sebenarnya. Peluang pertama terjadi saat seseorang sudah dewasa sebelum waktunya. Peluang kedua ketika seseorang sudah dibebani oleh tanggung jawab yang besar dan takut untuk melakukan hal-hal baru. Peluang ketiga terjadi saat seseorang terlalu tua untuk menyadarinya segala hal yang sudah terlambat.

Bicara mengenai peluang, apakah tak ada kesempatan bagi seseorang untuk memperoleh pendapatan baru? Sangat mungkin. Namun, sayangnya hanya sebagian orang yang menyadari hal itu. sebut saja pegawai yang stres karena kena PHK atau para buruh yang berdemonstrasi karena perusahaan menghentikan kontrak mereka.

Pegawai dan buruh ini adalah contoh dari orang-orang yang tidak menyiapkan sumber dana lain untuk kehidupannya jika musibah sedang terjadi.

Bagi orang-orang yang sudah merencanakan masa depan dengan baik, pasti sudah menyiapkan sumber pendapatan dana lain untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk seperti PHK, pensiun dan lain-lainnya. Untuk itu guna membentik pribadi kamu menjadi pribadi yang antipatif terhadap masa depan, berikut 8 strategi pintar yang dapat membantu Menciptakan Sumber Pendapatan Baru.

1. Jangan Buru-buru Resign dari Pekerjaan Lama Sebelum Ada Penggantinya

Jangan buru-buru keluar dari pekerjaan lama jika belum memiliki penghasilan tetap atau tabungan yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan setelah resign. Boleh saja kamu memutuskan tidak lagi menjadi karyawan untuk membangun bisnis sendiri. Akan tetapi sebelum itu, saat masih menjadi pegawai sisihkan pendapatanmu secara rutin untuk membantu membiayai segala kebutuhan selagi menjalankan bisnis. Dengan begitu kamu tak perlu berutang ke bank untuk menutupi biaya hidup saat tak lagi memiliki penghasilan tetap.

2. Memanfaatkan Keterampilan

Temukan keterampilan khusus atau bakat unik apa yang kamu miliki. Kemudian lakukan evaluasi apakah hal tersebut dapat menghasilkan uang atau tidak. Misalnya, kamu ahli bermain musik, maka kamu bisa membangun kelas musik di rumah. Atau kamu pandai merangkai kata ke dalam sebuah kalimat, maka kamu bisa jadi penulis lepas.

3. Bisnis Online

Saat ini berbisnis secara online menjadi hal yang paling diminati oleh beberapa orang dan kelihatannya bisa menghasilkan banyak uang. Selain itu banyak cara untuk mencetak uang secara online. Misalnya mengadakan beberapa kursus online seperti mendesain web atau menulis artikel lepas ketika memiliki waktu sengang di rumah. Kalau kamu piawai melakukan promosi secara online serta memiliki jaringan yang luas di dalamnya, bisa juga dengan cara menjual produk secara online.

Banyak cara yang bisa kamu jadikan lahan usaha di dunia online. Yang terpenting jangan lupa melakukan survey kepada beberapa pesaing bisnis guna membandingkan usahamu dengan mereka. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengevaluasi segala kekurangan di dalam bisnismu.

4. Tentukan Pangsa Pasar

Kalau kamu berniat mendistribusikan produkmu, kepada siapa tepatnya? Proses ini ditujukan untuk menetukan seperti apa konsumen yang potensial bagi bisnismu. Pertama-tama lakukan riset dengan memasarkan produk ke beberapa media dan perhatikan bagaimana orang-orang di sana. Jika banyak peminatnya, sudah pasti kamu bisa meraup banyak keuntungan dari situ.

5. Memasarkan Jasa atau Produk

Langkah ini bisa jadi hal yang paling sulit untuk kamu lakukan. Kalau kamu bukan seorang profesional. Alangkah baiknya belajar dari beberapa tutorial penjualan atau menggunakan jasa bantuan dari seorang pakar pemasaran. Namun kalau kamu memiliki banyak waktu luang, bisa juga dengan cara mengikuti trik orang-orang yang sudah sukses dalam berbisnis.

6. Bergabung di Jaringan Bisnis

Bergabung di jaringan bisnis yang luas dapat meperbanyak kontakmu dengan para pebisnis lainnya. Selain untuk memperluas pergaulan, jaringan bisnis juga bisa mensinergikan usahamu dengan usaha-usaha orang lain.

Peranggotaan dalam jaringan ini berasal dari semua jenis usaha, organisasi, maupun perusahaan. Ketika konsumen mereka mencari apa yang kamu tawarkan, mereka akan memberikan akses yang mengarah kepadamu. Tentu saja, kamu juga harus melakukan hal yang sama untuk mereka.

7. Melatih Keterampilan Bisnis

Kalau kamu pemula yang minim akan pengalaman, manfaatkan pengalaman orang-orang yang sudah terampil dalam berbisnis. Pelajari bagaimana mereka memulai strategi bisnisnya serta menciptakan pendapatan lain dari waktu ke waktu.

Kalau kamu membutuhkan pembelajaran yang lebih lanjut? Ada banyak mentor dan pelatih bisnis yang bersedia melakukannya. Pastikan kamu sudah membaca ulasan tentang mereka dan mengetahui seluk beluknya dari orang yang pernah menggunakan layanan mereka.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar