Minggu, 28 Februari 2016

Menkop UKM: Penyerapan KUR Sudah 14% dari Target Rp 100 T


Menkop UKM: Penyerapan KUR Sudah 14% dari Target Rp 100 T 

Jakarta -Hingga saat, ini penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sudah mencapai 14% atau sekitar Rp 14 triliun dari yang ditargetkan sebesar Rp 100 triliun untuk tahun 2016.

"Kalau penyaluran secara umum 14% dari Rp 100 triliun kurang lebih, target 2016 Rp 100 triliun minimal ya," kata Menteri Koperasi dan UKM, A.A.G.N Puspayoga, di Gedung Smesco, Minggu (28/2/2016).

Ia juga mengatakan, saat ini sudah melakukan usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan penyaluran KUR ini.

"Upaya ini kita sudah turun terus menemukan para stakeholder dan perbankan, jadi saya keliling ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura supaya serapan KUR betul-betul dirasakan oleh para pelaku usaha," lanjut Puspayoga.

Terkait dengan banyaknya UKM yang mengeluhkan pinjaman KUR karena agunan, ia saat ini berupaya agar UKM tidak dikenakan agunan.

"Kalau KUR nggak ada agunan, kalau ada 1-2 itu by case mungkin miss dari perbankan, tapi kan sudah instruksi presiden dan harus dilanjutkan bank pelaksana kalau KUR itu tanpa agunan. Memang ada 1-2 yang lapor ke saya dan saya langsung konfirmasi ke bank pelaksana, tapi itu tidak mewakili semua," tuturnya.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar