Selasa, 22 Maret 2016

Ongkos Perawatan Jembatan Terpanjang di Kalimantan Rp 50 M/Tahun

Ongkos Perawatan Jembatan Terpanjang di Kalimantan Rp 50 M/Tahun
Sanggau -Jembatan terpanjang di Kalimantan, Pak Kasih Tayan, telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jembatan ini dibangun dengan biaya Rp 1,041 triliun.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W. Husaini menjelaskan, biaya perawatan Jembatan Pak Kasih Tayan sebesar  sebesar Rp 50 miliar/tahun.

Ongkos perawatan yang cukup besar ini karena setiap jembatan yang baru berdiri perlu perlakuan khusus.

"Biasanya jembatan-jembatan baru kaya gini perawatannya lebih mahal, misal tanah-tanah itu (samping jembatan) itu longsor jadi harus ada perawatan spesial. Timbunan jalan nanti kita tambah lagi, lampu penerangan. Jadi mahal, biaya-biaya awalnya mahal, mungkin bisa sampai Rp 50 Miliar/tahun dari APBN," ujar Hediyanto, di Jembatan Pak Kasih Tayan, Selasa (22/2/2016).

Hediyanto menambahkan, jembatan ini memang belum sepenuhnya rampung dari sisi fasilitas, contohnya kelengkapan lampu penerangan. Namun, jembatan tersebut sudah bisa digunakan untuk lalu lintas.

"Ini kan memang belum komplit tapi kita mau fungsikan dengan cepat. Jadi, kita buka sudah bisa fungsi untuk operasional, kalau untuk lalu lintas sudah bisa 100%, yang belum penerangan tadi dan antisipasi untuk cegah longsor," lanjut Hediyanto.

Jembatan Pak Kasih Tayan memiliki panjang 1.650 m dan terdiri dari dua bentang, yaitu Jembatan I sepanjang 430 meter dan Jembatan II sepanjang 1.220 meter.

Selain pembangunan Jembatan Tayan, dibangun juga jalan dengan total panjang 3,72 km yang terdiri dari Jalan Akses Utara sepanjang 0,9 km, Jalan Pulau sepanjang 0,32 km, serta Jalan Akses Selatan sepanjang 2,5 km.

Sumber: Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar