Rabu, 13 April 2016

Pertamina Bakal Jadi Induk Holding BUMN Energi, Dwi: Kita Siap-siap Saja


Pertamina Bakal Jadi Induk Holding BUMN Energi, Dwi: Kita Siap-siap Saja 

Jakarta -Pemerintah tengah mempersiapkan pembentukan holding BUMN di sektor energi. Ditargetkan, pembentukan holding BUMN energi tersebut bisa dilakukan sebelum lebaran tahun ini. Holding BUMN energi tersebut dilakukan dengan menyatukan PT Pertamina (persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Bagaimana tanggapan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto terkait hal tersebut?

"Jadi Pertamina tentu siap-siap saja, karena Pertamina kan sudah dirancang sebagai sebuah induk perusahaan, dan setahun terakhir kita merancangnya sebagai holding," ujar Dwi saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Lantas, bagaimana jika ada BUMN energi lain yang juga ingin masuk holding?

"Kalau ada anggota-anggota yang lain masuk, kita akan menurunkan sebagai anak-anak perusahaan, seperti di kilang saat ini masih jadi organisasi di Pertamina, kita akan turunkan jadi anak perusahaan, dan pengembangan bisnis-bisnis depan," ucap Dwi.

Dwi menargetkan, pembentukan holding BUMN energi tersebut bisa selesai sebelum lebaran tahun ini dan diharapkan bisa disetujui para pemegang saham yang bersangkutan.

"Kita harapkan tahun ini bisa difinalkan rancangan untuk holding itu dan kita harapkan nanti pemegang saham menyetujui, karena sebenarnya praktik holding Pertamina sudah terjadi di upstream, jadi di upstream kan semua operasionalnya kan di anak perusahaan, kan ada Pertamina EP, ada Pertamina hulu energi, ada Pertamina Internasional EP dan sebagainya," jelas dia.

"Nanti tinggal menurunkan saja untuk pengolahan demikian dan Pemasaran juga begitu, jadi Pertamina kan sebagai holding lebih sederhana di anak perusahaan manakala seperti itu, jika ada perusahaan lain yang akan digabungkan ke Pertamina nggak ada masalah," pungkasnya.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar