Kamis, 17 Maret 2016

Sudah Dites, Waduk Jatigede Tahan Gempa


Sudah Dites, Waduk Jatigede Tahan Gempa 

Sumedang -Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat tengah dalam proses penggenangan atau pengisian. Direktur Jenderal Sumberdaya Air, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Mudjiadi mengatakan, bangunan di Waduk Jatigede ini aman dari gempa.

Hal ini diketahui dari serangkaian tes atau uji coba yang telah dilakukan.



"Beberapa kali sering ada gempa, kita pelajari perilaku gempanya dan dampaknya ke bendungan. Sejauh ini nggak ada masalah apa-apa. Jadi dari hasil instrumen yang kita pasang, lalu kita monitor dan kita cek bahwa keamanan bendungan masih terjamin," ujar dia, ditemui di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (17/3/2016).

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, maka warga tidak perlu meragukan keandalan bangunan bendungan pada waduk terbesar kedua di Indonesia ini.



Di sisi lain, sambung dia, sesuai standar pembangunan waduk dan bendungan di dunia, Waduk Jatigede juga telah dilengkapi dengan rencana tindak darurat (RTD), yakni serangkaian tindakan yang dapat segera diambil bila terjadi tanda-tanda adanya bencana.

"Semua bendungan itu kita punya yang namanya RTD atau Rencana Tindak Darurat. Jadi kalau bendungan ini jebol, penduduk yang di hilir itu harus pergi ke mana, escape way-nya (jalan keluarnya) sudah ada. Semua bendungan pasti punya RTD, termasuk bendungan ini. Jadi ini aman," pungkas dia.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar